Kelompok 14
Ketua:Yuha Nuraini(13-021)
Ketua:Yuha Nuraini(13-021)
Anggota:
Westley(09-084)
Delilah Tri Wahyuni(13-005)
Indah Sari Agustin(13-045)
Rika Arcella Putri(13-093)
Teori Vygotsky yang Dikaitkan dengan Pengalaman Pribadi
Contoh
pengalaman saya yang terkait teori ini adalah pada proses pembuatan sebuah
kapal-kapalan di masa TK.Guru saya memasuki kelas saat itu,dia membagi-bagikan
kertas origami kepada murid-muridnya.setelah semua kertas dibagi,guru saya
menjelaskan bagaimana membuat kapal-kapalan tersebut.Semua murid memfokuskan
konsentrasi agar dapat membuat kapal-kapalan tersebut.Guru saya menjelaskan
pertama-tama kertas tersebut dilipat menjadi dua
,setelah guru melipatnya semua murid langsung mempraktikkannya,semua murid
melipat kertas origami menjadi dua,kemudian guru melanjutkan langkah
selanjutnya lipat bagian samping kertas origami,murid
mempraktikkannya,guru memperhatikan keadaan murid-muridnya ternyata tidak semua
murid bisa melakukan hal itu,termasuk saya di dalamnya,saat itu saya dan
beberapa teman saya yang tidak bisa sedikit panik karena di dalam hati saya
saya berkeinginan tidak mau tidak bisa ntuk melakukan hal itu,karena lingkungan
mengajarkan jangan menyerah sebelum mencapai sebuah hasil yang cukup memuaskan,kemudian
saya dan beberapa teman yang tidak bisa saling mendekat dan mulai berbicara dan
bekerja sama untuk melipat kertas dari sisi sampingnya,tetapi sayangnya kami
juga masih gagal,kemudian saya dan teman teman saya mulai merasa putus asa guru
saya pun langsung mendekati kami dan berkata kepada kami untuk mengulang
langkahnya dari awal.kami pun mrngulanginya saat itu guru pun memperhatikan apa
yang kami kerjakan saat kami mau melakuukan kesalahan yang sama lagi guru kami
pun memberikan arahannya,guru berkata:”perhatikan baik-baik ibu guru akan
menjelaskannya lagi kertasnya dilipat seperti ini”dengan pelan-pelan ibu guru
mengulangi langkahnya lagi namun tetap saja belum berhasil,rasanya saat itu
saya ingin menangis tapi teman saya berusaha membantu saya untuk mengerjakannya
tetapi kami berdua tetap belum berhasil akhirnya guru saya datang menolong
karena dia melihat kami kesulitan dia melipatkan kertas tersebut ubtuk kami
secara berulang-ulang agar kami dapat memahami bagaimana melipat kertas seperi
yang dilakukan oleh guru saya.Kemudian setelah membantu anak-anak yang
mengalami kesulitan guru saya melanjutkan ke langka-langkah selanjutnya.kami
mengerjakan semua langkah langkah dengan bekerja sama ada yang jalan
kesana-sini untuk meminjam gunting,ataupun crayon ada juga yang diam di tempat
duduknya dan meminjamkan gunting ke teman yang membutuhkannya.Saat itu kami
belajar proses bekerja sama yang baik darri satu kelas.Setelah kapal-kapalan
yang kami buat sudah selesai,guru kami meminta kami mewarnai dan menghias
kapal-kapalan kami.Suasana kelas saat itu mulai rusuh muri-murid berlari
kesana-kesini untuk mendapatkan sebuah crayon.Saya yang saat itu duduk di pojok
kanan ruang kelas masih bingung untuk menghias kapal dan memberikan warna yang
cocok untuk kapal saya.Saya lihat sekitar kemudian saya bertanya kepada teman
saya mengapa dia mengecat kapalnya dengan warna tersebut,setelah berbincang
dengan beberapa teman saya akhirnya memutuskan kalau kapal saya harus berwarna
biru agar serasi dengan warna laut yang pernah saya lihat bersama keluarga saya
dan juga yang saya tonton dari Tv.Tiba-tiba saya mendengar teman saya
bertengkar memperebutkan sebuah warna crayon.Guru saya berkata untuk tidak
berkelahi dan saling berbagi karena hal tersebut saya ingat kalau saya sebelumnya
tidak memberikan pinjaman crayon kepada teman yang ingin meminjamnya tadi
karena saya berkata saya masih butuh,akhirnya saya merasa perkataan guru saya
ada benarnya.khirnya saya memiliki sebuah ide untuk meminjamkan teman saya
tersebut crayon yang diinginkkannya.karena guru saya berkata(bahasa) untuk
berbagi,saya mengambil crayon yang kami berdua butuhkan kemudian saya
mematahkannya menjadi dua bagian,satu untuk saya dan yang satu bagian lagi
untuk teman saya.Guru saya bilang itu bagus tetapi ibu saya sedikit kesal
karena saya merusak crayon yang dibelikan ibu saya untuk saya.Tapi saya merasa
senang karena pelajaran hari itu mengajarkan saya banyak hal.
Terima
Kasih
Tidak ada komentar:
Posting Komentar