Lupa dan Sebab
Terjadinya
Jika
diminta untuk menggambarkan apa yang
terjadi hari ini, kita dapat secara akurat
mengingat banyak peristiwa semisal percakapan pribadi. Namun, ketika esok harinya kita ada dua mata kuliah ujian,
sekalipun kita sudah belajar pada malam sebelumnya, ada beberapa hal yang tampaknya telah kita lupakan. Mengapa beberapa memori menjadi hilang atau tidak dapat ditarik kembali? Apa yang menyebabkan terjadinya lupa? Kita akan membahasnya
dalam subbab ini.
1.
Pengertian lupa
Lupa
adalah istilah yang sangat populer di
masyarakat. Setiap
waktu pasti ada orang yang
lupa akan sesuatu, baik tentang peristiwa masa
lampau ataupun sesuatu yang akan dilakukan,
atau mungkin
hal yang baru saja dilakukan. Fenomena
ini
dapat terjadi pada siapapun, baik anak-anak, remaja,
orangtua, guru, pejabat, profesor, petani, dan sebagainya.
Lupa mengacu pada ketidakmampuan untuk mengambil, mengingat, atau mengenali
informasi yang disimpan atau
masih tersimpan dalam memori jangka panjang. Lupa juga dapat diartikan sebagai
suatu gejala dimana informasi yang telah disimpan tidak dapat ditemukan kembali
untuk digunakan.
2.
Sebab-sebab
terjadinya lupa
Daya
ingat memori kita tidak sempurna.
Banyak hal-hal yang pernah kita ketahui,
tetapi tidak dapat diingat
kembali pada suatu waktu. Alasannya antara lain: apa
yang telah kita ingat, dimana
disimpan dalam bagian tertentu
di
otak, tidak pernah atau jarang digunakan lagi. Akibatnya memori
itu akan terhapus dari otak sehingga
kita tidak
dapat mengingatnya
kembali. Atau ketika kita
mempelajari sesuatu
yang baru, ada kemungkinan
hal-hal yang sudah kita ingat pada suatu
waktu tidak dapat diingat
kembali.
Beberapa sebab-sebab mengapa orang bisa melupakan tentang suatu hal akan dibahas di bawah ini.
1. Represi
Menurut Freud,
represi adalah proses mental
yang secara otomatis menyembunyikan informasi tentang emosi mengancam atau kecemasan di bawah sadar,
dimana memori
yang ditekan tidak
dapat dipanggil secara sukarela, tetapi sesuatu yang dapat menyebabkan mereka untuk memasuki kesadaran di lain waktu.
2. Poor retrieval cues/ poor encoding
Isyarat pengambilan merupakan pengingat
mental yang kita ciptakan dengan membentuk gambar mental yang jelas atau membuat asosiasi antara informasi baru dan informasi yang kita sudah tahu.
3. Interference
Gangguan,
dimana merupakan salah
satu alasan umum dalam hal lupa,
memiliki pengertian
bahwa penarikan kembali
beberapa memori tertentu diblokir atau dicegah
dengan memori
terkait lainnya.
4. Amnesia
Amnesia, yang mungkin bersifat
sementara atau permanen, adalah
hilangnya memori yang mungkin terjadi setelah pukulan atau kerusakan pada otak atau setelah penyakit, anestesi umum, obat-obatan tertentu, atau trauma psikologis yang parah.
5. Distorsi
kita mungkin tidak menyadari kapan kita tidak dapat mengingat sesuatu karena
distorsi memori yang disebabkan oleh bias atau sugesti.
Misalnya,
bias beroperasi ketika mahasiswa mengingat 89%
dari nilai A
di
SMA tetapi hanya
29% dari nilai
D
yang diingat atau ketika
pasangan bercerai hanya mengingat
sebagian besar saat-saat yang buruk saja, tidak untuk yang
baik.
sugesti
beroperasi ketika korban kejahatan merupakan orang yang salah diidentifikasi yang
kemudian diperjelas
oleh
bukti DNA. karena
bias dan sugesti, kita lupa atau tidak dapat mengingat suatu hal, sering
tanpa kita menyadari distorsi memori.
3.
Teori-teori
mengenai lupa
Ada
empat teori utama
tentang lupa:
decay theory, yang
menyatakan bahwa waktu sendiri
menyebabkan memori jejak memudar, interference theory, yang menunjukkan bahwa memori lain akan mengganggu dalam mengingat, reconstruction
(schema) theory, yang
menyatakan
bahwa informasi dalam memori menjadi
terdistorsi ketika kita mencoba untuk mengingatnya,
dan
motivated forgetting, yang
menunjukkan bahwa kita
lupa akan
informasi yang tidak menyenangkan atau mengancam.
1. Decay theory
Teori
ini menyatakan bahwa memori menjadi
semakin lemah dengan berlalunya waktu bila tidak pernah diulang kembali. Memori yang
tidak digunakan akan memudar
secara bertahap dari waktu ke waktu.
Setiap informasi dalam memori akan meninggalkan jejak. Jejak ini akan hilang
atau rusak bila tidak pernah dipakai lagi.
2. Interference
theory
Teori gangguan didasarkan pada bukti kuat bahwa kejadian lupa di LTM
tidak terjadi karena berlalunya waktu, melainkan, karena memori lain mengganggu pengambilan apa yang kita coba
ingat, terutama jika memori lain yang mirip dengan
salah satu memori yang kita coba ingat. Dalam kata lain lupa terjadi karena
informasi yang satu mengganggu proses mengingat informasi lainnya.
Psikolog
merujuk pada gangguan yang dibangun oleh
memori dari pembelajaran
sebelumnya sebagai gangguan proaktif
(proactive interference)
dan gangguan
yang dibangun oleh memori dari pembelajaran setelahnya sebagai gangguan retroaktif (retroactive
interference).
3. Reconstruction
(schema) theory
Pertama kali disajikan
pada tahun 1932 oleh Sir Fredric Bartlett,
teori yang dikenal sebagai teori rekonstruksi, atau
teori skema, menunjukkan bahwa
informasi yang tersimpan dalam LTM
tidak dilupakan dalam arti biasa,
tetapi kadang-kadang diingat dalam
kondisi terdistorsi, dengan cara yang salah. Skema
adalah jaringan asosiatif yang terdiri
dari keyakinan, pengetahuan, dan harapan. Ingatan kita tentang informasi
dalam memori jangka panjang sering
menjadi terdistorsi, karena kita mengingatnya dengan cara yang lebih konsisten dengan skema ini.
4.
Motivated
forgetting
Bertahun
yang lalu, Sigmund Freud menyarankan bahwa kita lupa beberapa informasi, karena itu mengancam kita
dalam beberapa cara. kita akan
memiliki lebih banyak untuk mengatakan
tentang teori lupa termotivasi dalam kepribadian. Freud percaya bahwa pikiran
sadar sering ditangani dengan
informasi yang tidak menyenangkan atau berbahaya dengan mendorongnya tak sadarkan diri, dengan tindakan represi.
Hal-hal yang menyakitkan atau tidak
menyenangkan ini cenderung ditekan atau tidak diperbolehkan muncul dalam
kesadaran.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar