Kamis, 19 Juni 2014

PSIKOLOGI PERKEMBANGAN

Pengertian perkembangan menurut beberapa ahli
      Menurut werner: Perkembangan Menunjuk pada suatu proses ke arah yang lebih sempurna dan tidak begitu saja dapat diulang kembali. Menunjukkan perubahan yang bersifat tetap dan tidak dapat diputar kembali.
      Menurut Hurlock: Serangkaian perubahan progresif yang terjadi sebagai akibat dari proses perkembangan dan kematangan.
      Menurut Monks: Proses perkembangan yang kekal dan tetap yang menuju pada suatu arah pada tingkat integrasi yang lebih tinggi berdasarkan pertumbuhan, pemasakan dan belajar.
Proses-proses perkembangan
  • Kuantitatif:sebuah perubahan dalam hal angka atau jumlah.contoh:menurun nya berat dan tinggi badan
  • Kualitatif:sebuah perubahan dalam hal jenis,struktur,atau organisasi.contoh:perubahan dari komunikasi nonverbal ke komunikasi verbal.
Tiga aspek utama dalam perkembangan
  1. Perkembangan Fisik: Proses perkembangan yang kekal dan tetap yang menuju pada suatu arah pada tingkat integrasi yang lebih tinggi berdasarkan pertumbuhan, pemasakan dan belajar.
  2. Perkembangan kognitif:pola perubahan didalam kemampuan-kemampuan mental,seperti belajar,perhatian,ingatan,bahasa,berpikir,penalaran,dan kreatifitas.
3.Perkembangan psikososial:Perubahan dan stabilitas  di dalam emosi,kepribadian dan hubungan   sosial yang dapat  mempengaruhi fungsi kognitif dan fisik
Hal yang menyebabkan munculnya perbedaan individu:
         Hereditas (bawaan lahir)
         Lingkungan
pengalaman, pembelajaran, keluarga, masyarakat dll
         Kematangan:
proses terwujudnnya tahap-tahapan alami dari perubahan2 fisik dan perilaku termasuk kesiapan untuk menguasai kemampuan2 baru.
Berbagai lingkungan perkembangan
      Keluarga (keluarga besar maupun keluarga  inti)
      Ras dan kesukuan
      Konteks sejarah
      Budaya(culture)
Pengaruh normatif dan non normatif
      Normatif: peristiwa yang terjadi pada sebagian orang yang adadalam suatu kelompok.
Misalnya:-biologis:pubertas dan menopause
                 -sosial    :menikah dan menjadi orang tua.
      Non normatif: Peristiwa khusus yang terjadi pada pada orng tertentu yang memiliki dampak besar terhadap kehidupan individu.
Misalnya:menikah diusia dini,cacat,dan meninggalnya orangtua pada saat anak masih kecil.
           
Masa-masa kritis atau Sensitif
Periode kritis adalah masa spesifik dimana keberadaan sebuah peristiwa atau ketidak hadiran sebuah peristiwa  tersebut memiliki dampak yang spesifik pada perkembangan.
Priode sensitif yaitu pada masa tertentu seseorang akan sangat responsif terhadap jenis pengalaman tertentu.
Pendekatan perkembangan rentang kehidupan dari baltes
  1. Perkembangan sepanjang hayat
  2. Perkembangan mencakup pemerolehan dan kehilangan
  3. Pengaruh-pengaruh biologi dan budaya yang relative berubah sepanjang rentang kehidupan
  4. Perkembangan melibatkan perubahan ketersediaan sumber daya
  5. Perkembangan menunjukkan plastistas
  6. Perkembangan dipengaruhi oleh konteks budaya dan sejarah
Metode penelitian dalam psikologi perkembangan
Menggunakan pendekatan kuantitatif,kualitatif atau keduanya.
      Dua desain kuantitatif yang sering digunakan:
  1. Studi korelasi: mengungkap hubungan statistik dari variabel-variabel yang ada
  2. Studi eksperimen:memiliki prosedur yang replicable,sagat terkontrol,peneliti memanipulasi variabel untuk mengukur efek antar variabel
      Dua desain kualitatif yang sering digunakan:
  1. Studi kasus:biasanya dilakukan terhadap suatu individu
  2. Studi etnografi:studi mendalam tentang budaya yang menggunakan kombinasi beberapa meoe termasuk observasi partisipan
Dua desain yang sering dipakai dalam penelitian perkembangan
  1. Studi longitudinal:meneliti perubahan satu sampel pada suatu kurun waktu
  2. Studi cross sectional:meneliti individu dari berbagai usia pada suatu peristiwa
Etika penelitian
  1. Protection from harm:penelitian tidak boleh melanggar hak-hak individu yang terlibat menjadi subjek penelitian
  2. Informed consent:memastikan tidak adanya unsur pemaksaan terhada subjek penelitian
  3. Privacy:menjaga kerahasiaan informasi yang diperoleh dari subjek penelitian
  4. Knowledge of result:subjek memiliki hak untuk memperoleh ilmu pengetahuan dari hasil penelitian yang melibatkan mereka
  5. Beneficial treatments:memberikan perlakuan atau treatment yang memberikan manfaat bagi subjek untuk mendapatkan solusi terhadap persoalan yang dihadapi





Tidak ada komentar:

Posting Komentar